Bingung Menghitung Dana Pendidikan Untuk Anak? Baca Ini Sampai Selesai

mengitung dana asuransi dan dana pendidikan untuk anak
Orangtua mana yang tidak ingin

anaknya memiliki pendidikan yang bagus. Begitu pula dengan saya. Saya ingin mereka meraih mimpinya, bukan mimpi saya. Membiasakan mereka untuk memiliki mimpi sangat bagus. Mimpi itu ibarat tujuan. Tanpa tujuan, hidup akan tidak terarah. Menurut saya sih.

Meraih mimpi tentu harus melewati fase untuk belajar. Sayangnya dana pendidikan dari waktu ke waktu semakin tak terjangkau ya bun. Terutama yang ingin menyekolahkan anak di sekolah yang berkualitas. Fakta yang terjadi adalah, terdapat sejumlah sekolah swasta di Jakarta, rata-rata dana pendidikan naik 7%-15% setiap tahunnya. Perkiraan lima belas tahun ke depan, dana pendidikan juga akan terkena inflasi. Waaah…..
Sebagai contoh kalau ananda menempuh pendidikan di universitas dalam waktu 15 tahun, kalau sekarang masih di kisaran 50 juta. Tapi tidak menutup kemungkinan, akan naik sampai 400 juta.
Nah gimana cara mempersiapkan dana pendidikan anak jauh-jauh hari?
  1. Sebaiknya orangtua berdiskusi soal pendidikan anak sejak dalam kandungan. Kemudian mencari informasi ke sekolah dan pameran pendidikan
  2. Orangtua harus berhitung soal kebutuhan biaya pendidikan yang akan meningkat setiap tahun.
  3. Perkirakan berapa besar dana pendidikan saat anak memasuki TK, SD, SMP, SMA dan universitas. Perhitungkan juga perkiraan inflasi yang terjadi. Periksa tabungan dan investasi yang sudah diperhitungkan. Apakah sudah cukup atau belum. Kalau belum, segera revisi rencana dana pendidikannya ya.
  4. Periksalah apakah keuangan keluarga sudah terlindungi. Mulailah menabung dan berinvestasi selagi masih produktif dan memiliki penghasilan. Resiko kematian di usia produktif atas pencari nafkah atau orangtua juga bisa terjadi kapan pun. Maka perlindungan asuransi jiwa sangat penting dalam perencanaan dana pendidikan.
Morinaga Chil-Go! menyadari bahwa dana pendidikan tidak murah, dari waktu ke waktu akan naik. Sadar akan hal itu, Morinaga dengan program Bekal Masa Depan Chil-Go! akan membantu Ayah dan Bunda untuk mempersiapkan dana pendidikan ananda sejak kecil. Nah untuk mengetahui kisaran dana pendidikan si Kecil, bisa dengan menggunakan Kalkulator Finansial, yang bisa diakses di http://www.bekalmasadepan.com/articles/mempersiapkan-masa-depan-pendidikan-anak
Nah melalui program Bekal Masa Depan Chil-Go, Ayah dan Bunda memiliki kesempatan mendapatkan total hadiah senilai 3 Milyar Rupiah dalam bentuk dana asuransi pendidikan anak.
Oia Ayah dan Bunda, menurut Prita Hapsari Ghozie, SE, Mcom, GcertFinPlanning, CFP, QWP, perencana keuangan independen dari ZAP Finance, narasumber keungan di media, juga penulis buku Make It Happen dan Menjadi Cantik, Gaya dan Tetap Kaya ini, untuk gambaran bagaimana cara menghitung dana pendidikan anak sejak dini, caranya adalah seperti berikut….
Chila adalah anak berusia 1 tahun yang sangat lucu. Ayah dan Bunda Chila ingin mempersiapkan dana pendidikan untuk jenjang taman kanak-kanak hingga Universitas. Dengan asumsi tingkat inflasi pendidikan sebesar 15% per tahun untuk biaya sekolah dan biaya kuliah. Berikut perhitungan kebutuhan dana pendidikan Chila. (asumsi Ayah dan Bunda hanya mempersiapkan dana untuk membayar uang pangkal sekolah).
*Sumber: ZAP Finance Research Division
Nah Ayah dan Bunda, bisa menghitungnya di Kalkulator Finansial yang saya sebutkan di atas tadi, di http://www.bekalmasadepan.com/articles/mempersiapkan-masa-depan-pendidikan-anak
Apa sih manfaat merencanakan dana pendidikan jauh hari? Tentu untuk mencicil dalam jumlah kecil, sehingga tidak berat ketika anak sudah masuk sekolah. Sehingga 10 sampai 15 tahun ke depan, saldonya mencukupi. Lantas asuransi jiwa untuk apa? Jadi hal ini untuk melindungi keluarga, ketika sedang dalam proses melakukan cicilan investasi dana pendidikan anak, si pencari nafkah utama meninggal. Ya, kita harus siap tentang hal-hal buruk yang memiliki kemungkinan terjadi. Kematian adalah hal yang merupakan rahasia Tuhan, bisa datang sewaktu-waktu, kapan pun, tanpa diketahui hamba-Nya.Nah nantinya uang pertanggungan akan menggantikan proses pencicilan dana pendidikan tersebut.
Idealnya, Ayah dan Bunda bisa melakukan perencanaan sendiri dengan berinvestasi dan membeli asuransi jiwa secara terpisah. Hanya saja, berbeda dengan investasi, terkadang premi atas pembelian asuransi jiwa harus dibayarkan sekaligus. Akibatnya membuat kacau arus kas keluarga di bulan tertentu. Kendala premi minimum yang tinggi pun menghambat sebagian masyarakat untuk membeli asuransi jiwa jenis tertentu.
Salah satu produk yang dapat membantu orang tua dalam mempersiapkan dana pendidikan adalah asuransi pendidikan. Asuransi pendidikan akan memberikan manfaat proteksi, yaitu perlindungan kepada pemegang polis hingga berusia 99 tahun (tergantung jenis produk asuransi jiwa). Sehingga, jika anak belum selesai bersekolah hingga sarjana dan terjadi risiko kematian pada orang tua, maka anak akan tetap memiliki dana untuk meneruskan pendidikannya.
Kemudian, bonus manfaat investasi dari sebuah asuransi pendidikan akan diperoleh jika porsi tabungan atau dana investasi yang dikumpulkan terus berkembang dan memberikan hasil yang positif. Pahamilah bahwa investasi pasti mengandung risiko, jadi tidak seperti produk tabungan, nilai investasi tidak dijamin oleh perusahaan asuransi jiwa. Hasil keuntungan bisa jadi sesuai harapan, atau diatas harapan, atau dibawah harapan.
Salah satu teman keluarga yang memahami kebutuhan orang tua dalam mempersiapkan dana pendidikan adalah Morinaga. Oleh sebab itu, Morinaga Chil-Go! memfasilitasi Ayah dan Bunda dalam mempersiapkan hal tersebut dengan program Bekal Masa Depan Chil-Go!
bekal masa depan morinaga chil-go
Bekal Masa Depan Chil-Go! merupakan salah satu langkah Morinaga dalam mendukung gerakan #SiapCerdaskanBangsa yang ditujukan kepada para orang tua untuk dapat berbagi stimulasi dan ide kreatif dalam mengembangkan Kecerdasan Majemuk Si Kecil sehingga menjadi Generasi Platinum yang multitalenta. Morinaga Chil-Go! akan memilih 9 orang pemenang hadiah utama dan 3.035 orang pemenang hadiah hiburan selama periode program berlangsung.
bekal masa depan morinaga chil-go
Hadiah utama dari Bekal Masa Depan Chil-Go! ini adalah Dana Asuransi untuk Pendidikan dengan total senilai 3 Milyar Rupiah dibagi menjadi 3 (tiga) kategori di masing-masing periode, yaitu :
  1. Platinum: Asuransi Pendidikan senilai Rp 500.000.000,-(lima ratus juta rupiah)*
  2. Gold: Asuransi Pendidikan senilai Rp 300.000.000,-(tiga ratus juta rupiah)*
  3. Silver: Asuransi Pendidikan senilai Rp 200.000.000,-(dua ratus juta rupiah)*
* berdasarkan perhitungan investasi hingga anak berusia 18 tahun
Bekal masa depan yang terbaik merupakan hak anak. Yuk, Ayah dan Bunda, kita persiapkan dana pendidikan anak sedini mungkin, agar hak anak yang menjadi tanggung jawab orang tua dapat terpenuhi dengan baik. Live a beautiful life! Share kalau artikel ini bermanfaat ya.
(Visited 5 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *