Tip Agar Anak Tidak Mengompol




Anak suka mengompol? Bahkan tiap hari harus ganti seprei, saking seringnya anak mengompol? Bagi ibu yang mengurus anak-anaknya sendiri, tentu akan sangat merepotkan. Ada beberapa tip yang bisa ibu pakai, berdasar pengalaman nih.

Alhamdulillah anak saya tidak mengompol. Bagaimana caranya? Caranya adalah membuat kebiasaan untuk si anak. Jadi saat dia memulai tidak memakai popok ( nanti akan saya bagi tip agar anak tidak memakai popok lagi), biasakan untuk melakukan beberapa kegiatan.

Biasakan sang anak tidak banyak minum menjelang tidur. Jadi awalnya cukup satu, dua botol susu saja setelah makan itu pun beri jeda. Lalu setelah itu, sebelum tidur, biasakan anak ke kamar mandi, untuk buang air kecil. Tidak selalu anak buang air kecil saat itu, tapi biasakan.

Ketika malam, bangunkan atau gendong ke kamar mandi, entah itu nanti buang air kecil atau tidak, biasakan saja. Biasanya sih, anak pasti buang air kecil.

Pagi hari, ketika anak sudah bangun atau belum, bawa saja dia ke kamar mandi, untuk buang air kecil. Biasakan saja.

Nanti setelah anak terbiasa, dia akan melakukan yang sama dengan sendirinya. Bahkan dia bisa terbangun sendiri dan pergi ke kamar mandi untuk BAK.

Kebiasaan untuk BAK, dari menjelang tidur, tengah malam, dan pagi, nanti akan berkurang saat anak mulai besar. Tapi dia akan merasakan saat hendak BAK, di waktu tidur, dia akan segera bangun. Lalu tidur lagi. Saat itu, dia minta minum susu, juga tak apa, karena dia tak akan mengompol. 😀

Tip diatas berdasarkan pengalaman pribadi saya. Uji coba sendiri, berdasarkan nalar atau tidaknya.

Semoga bermanfaat 🙂




Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *