Resep Perkedel Kentang Super Ekonomis dan Praktis




perkedel kentang, perkedel kentang super ekonomis, perkedel kentang super praktis, resep perkedel kentang super ekonomis dan praktis, resep perkedel kentang praktis, perkedel kentang super ekonomis
Perkedel Kentang Super Ekonomis dan Praktis

Resep Perkedel Kentang Super Ekonomis dan Praktis

Saya mau berbagi tentang resep perkedel kentang super ekonomis dan praktis nih. Jujur, saya suka sekali perkedel kentang, begitu pula dengan kedua buah hati. Kalau beli, sekarang juga mulai mahal ya. Kalau belinya satu sih masih bisa menghemat. Nah, sayangnya, beli satu itu tidak cukup. šŸ™‚

Saya suka, anak-anak suka, berabe. Masa iya, dibagi bertiga. Saya biasanya bisa membeli sampai enam perkedel. Itu sudah enam ribu, belum kalau beli sayurnya. Lumayan juga. Lama-lama mikir juga kan. Iseng-iseng saya googling deh. Akhirnya saya dapat beberapa resep. Sengaja pakai kata kunci resep perkedel kentang ekonomis. Sayangnya meski ekonomis, tapi masih kurang praktis dan masih ribet. Ribetnya karena masih butuh beberapa bumbu. Mengingat saya ini sendirian alias jumpalitan ngurus anak-anak super aktif, jadinya musti cepat.

Sebenarnya, saya sudah bisa bikin perkedel kentang atau tahu, dengan bahan-bahan masakan ini itu. Kurang praktis. Ternyata hasil googling juga sama. Suatu waktu, saya kumpulin itu bahan untuk membuat perkedel. Akhirnya ketemu juga yang praktis tapi tetep enak. Anak-anak doyan juga. Ketagihan malah. Pokoknya inget satu hal, memasak itu kudah, jadi tidak sampai keringat dingin, tangan gemeteran, dll. Hihi, ini mau masak atau apa?

Jadi begini, resep perkedel kentang super ekonomis dan praktis ala saya, ika mitayani. šŸ™‚

Bahan:

Kentang
Bawang Merah
Garam
Telur
Minyak Goreng

Cara Memasak:

1. Kupas kentang dan cuci bersih, lalu kupas. Iris kecil-kecil biar cepat matang saat digoreng. Kentangnya 3 buah saja, yang ukuran sedang agar telur tidak kebanyakan nantinya.

2. Goreng irisan kentang ukuran dadu tadi, sampai permukaannya
kering atau matang. Kering, seperti membentuk kulit tapi bagian dalam masih matang. Angkat dan tiriskan.

3. Iris bawang merah tipis. Biasanya satu siung bisa saya bagi dua sampai tiga bagian. Biar hasilnya makin banyak. Goreng sampai warna agak kecokelatan. Jangan sampai kering ya, soalnya nanti dimasak lagi dengan adonan kentang.

4. Irisan kentang tadi taruh di cobek, diuleg sampai halus, lalu ditaburi bawang merah goreng tadi. Campur rata ya. Lalu taburi garam secukupnya, dikira-kira saja. Jangan kebanyakan.

resep perkedel kentang super ekonomis dan praktis
Perkedel Kentang

5. Pecahkan telur, dan pisah kuning dan putih telurnya, di tempat berbeda. Kuning telus dicampur di adonan kentang. Kalau sudah, bercampur rata, ambil adonan dan bentuk lingkaran. Nah, panasin dulu minyak gorengnya, tuang minyak goreng kira-kira sampai adonan yang sudah dibentuk terendam separuh.

perkedel kentang super ekonomis dan praktis
Perkedel Kentang

6. Adonan yang sudah dibentuk bulat gepeng itu dicelupin ke putih telur, lalu masukkan ke penggorengan. Begitu seterusnya, sampai adonan habis.

7. Angkat dan tiriskan perkedel kentang super ekonomis dan praktis, setelah berwarna kuning keemasan. Jangan terlalu lama, karena isi berupa kentang sudah matang sebelumnya. šŸ™‚

Kira-kira, kalau masih ada pertanyaan, bisa tulis di komentar saja ya. Maklum, ini ditulis oleh penulis resep amatiran. Selamat mencoba ya. Bagi ke saya, kalau anak-anak doyan dan ketagihan. šŸ™‚




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *