Gapura Digital Program Google Untuk UKM di Indonesia

Gapura Digital Google UKM di Indonesia, gapura digital, google gapura digital
Gapura Digital Google Untuk UKM di Indonesia

Bulan lalu saya mengikuti Gapura Digital yang merupakan program dari Google untuk para UKM yang ingin mendalami bisnis online. Termasuk mempelajari mengenai Panduan Dunia Digital, Tips Website Efektif, Google Untuk Bisnismu, Pengenalan SEO dan SEM.

Sudah ada yang tahu, soal Gapura Digital ini? Bukan gapura dalam arti yang sesungguhnya ya.

Gapura Digital ini adalah rangkaian kegiatan yang diadakan oleh Google beserta tim dari Kibar, gratis untuk para UKM. Tentu saja UKM yang ingin menjadikan bisnisnya dikelola secara digital.

 

Gapura Digital diselenggarakan dimana saja?

Kita tak boleh meremehkan kemampuan bisnis yang digarap secara digital, akan mampu membuat usaha bertumbuh sampai 80% daripada bisnis yang dikerjakan secara online. Kegiatan ini diadakan di beberapa kota di Indonesia. Kota mana saja? Ada Jakarta, Bandung, Surabaya, Malang, Semarang, Yogyakarta, Denpasar, Medan, Makasar dan Pontianak.  Saya tentu tidak menyia-nyiakan kesempatan ini.

Saya mengetahui acara ini dari salah satu anggota grup Founder Startup. Ada yang share dan kebetulan saya membaca. Buru-buru saya klik link dan mendaftar. Saya harus memilih jadwal yang saya inginkan. Ada 4 materi utama yang akan dishare dalam kegiatan tersebut. Jadi jangan kaget kok banyak banget yang diulang. Jadwal kelas bisa dipilih. Hanya saja tergantung kuota masih ada atau tidak. Kalau tidak ada, ya harus memilih jadwal di lain waktu. Satu yang pasti adalah Gapura Digital diadakan setiap Sabtu dan Minggu.

Ada satu fakta yang harus Anda tahu. Sebenarnya promo kegiatan ini cukup gencar. Ternyata kemarin pada satu hari Google mengosongkan iklan headline Youtube (saya lupa persisnya) dan menayangkan iklan Gapura Digital. Jadi banyak yang tahu kegiatan ini.

 

Apakah berbayar?

Acara ini sendiri adalah gratis. Jadi jangan percaya kalau ada yang meminta bayaran. Segera laporkan pada pihak Google agar ditindak lebih lanjut.

 

Awal cerita mengikuti Gapura Digital

Dulu Gapura Digital sebelum berubah konsep menjadi kelas gratis untuk belajar digital, berbentuk semacam seminar atau workshop yang pada akhirnya tidak ada hasilnya. Tidak efektif dan tidak ada tindak lanjutnya. Tidak bisa belajar secara intensif.

Jadi Anda bisa memilih jam yang Anda inginkan untuk bisa hadir. Kecuali kalau sudah penuh. Saya juga pernah ngalami kok. Klik jadwal ternyata sudah penuh. Akhirnya saya ubah jadwal yang saya pilih dan alhamdulillah bisa selesai dalam 2 hari dengan 4 materi dari pagi sampai sore.

Keesokan hari setelah acara Dilo Festival ( saya adalah salah satu juara TOP STARTUP LOCAL DIGITALPRENEUR FOR NATIONAL COMPETITIVENESS lho), saya pun datang untuk belajar di Gapura Digital. Saya menimba ilmu lagi. Recharge ilmu. Meski ada beberapa di antaranya yang bilang untuk apa saya datang. Ilmu yang nanti disampaikan pasti sudah saya kuasai. Ya minimal saya tahulah. Hahhaha saya tergelak. Saya bilang kalau Google ini sifatnya dinamis. Tentu saja saya harus mengenal lebih dalam. Siapa tahu ada bocoran yang bermanfaat. Apalagi ini kan langsung ke Googlenya.

 

Mengenal Google Bisnisku

Saya belajar mulai dari panduan digital seperti produk Google yang bisa membantu UKM berjualan di internet. Kemudian ada pengenalan Google Bisnisku. Sudah ada yang tahu belum soal ini? Jadi Google Bisnisku ini selalu ada di bagian kanan ketika Anda googling. Terutama ketika Anda sedang mencari rumah makan misalnya. Lantas kalau rumah makan tersebut sudah mendaftar di Google Bisnisku. Dia akan muncul di samping. Coba deh lihat Holly Cow. Tampilannya akan seperti itu. Ternyata sangat membantu untuk meningkatkan penjualan lho. Pemilik usaha akan mendapatkan statistik pengunjung, pembelian, dll. Malah kalau pemilik merespon orang yang comment, bisa membantu meningkatkan kualitas pelayanan dan makanan dari restoran tersebut. Seru ya.

Nah nantinya kalau Anda sudah daftar, akan mendapatkan surat dari Google berupa kode verifikasi. Ini berbeda-beda lho responnya. Ada yang beberapa hari kemudian mendapatkan surat tersebut. Bahkan ada yang tidak datang bertahun-tahun. Biasanya surat akan datang setelah hari ke-4. Bisa juga lebih.

Saya dapat bocoran nanti untuk peserta bisa mendapatkan bantuan untuk verifikasi ini. Alhamdulillah senangnya. Hahaha…. Udah ah bocoran dari saya.

Materi selanjutnya mengenal tentang website. Terakhir pengenalan SEO dan SEM. Gimana SEO? Sudah pada tahu kan soal SEO? SEO adalah Search Engine Optimation yang bersifat organik alias tidak perlu membayar. Nah SEM adalah Search Engine Marketing yang harus membayar. Atau biasa kita kenal sebagai Google Adwords. Nanti Anda yang tidak tahu sekali pun akan diajari. Tak perlu merasa gaptek jadi minder, karena ini memang diperuntukkan untuk pemula.

 

Apakah peserta Gapura Digital harus UKM?

Acara ini memang khusus untuk UKM sebenarnya. Tetapi bagi yang belum memiliki usaha atau punya usaha lainnya tetap saja diperbolehkan datang. Bebas kok. Selesai acara ini, akan ada acara lainnya. Mengenai SEO dan SEM lebih mendalam. Nah ini nanti akan dishare melalui grup WA. Jadi kita tak perlu bingung kapan waktunya. Pihak Google akan menghubungi kita mengenai itu. Kurang lebih seperti itu. Saya sendiri sudah tak sabar lagi. Hahaha….

Akhir acara saya bisa mendapatkan kenalan baru. Ibarat kata seperti networking. Malah ada yang ingin pesan konten pula.Untuk Konten Kece dan para membernya. Alhamdulillah. Jujur ya, secara tidak langsung Anda yang memesan konten melalui Konten Kece termasuk orang yang dermawan karena membantu para Ibu di Indonesia -yang tergabung- mendapatkan penghasilan tambahan. Keren kan. Ketika mengikuti Dilo Festival kemarin juga ada beberapa yang ingin segera menghubungi saya untuk partner konten. Bismillah.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *