Cara Mengurus Ijazah SMA Hilang di Solo




Untuk mendapatkan update artikel bermanfaat dari ikamitayani.com silakan bergabung dengan LIKE >>> http://facebook.com/IkaMitayaniCom


Cara Mengurus Ijazah SMA yang Hilang di Solo
Cara Mengurus Ijazah SMA yang Hilang di Solo




Cara Mengurus Ijazah SMA yang Hilang di Kota Solo

Apakah ijazah milik Anda hilang, hanyut oleh banjir, terbakar, dll? Kalau benar, maka artikel ini akan membantu Anda. Cara ini mungkin untuk gambaran apa yang harus Anda lakukan, karena tiap kota di Indonesia berbeda kebijakan. 
1. Siapkan pas foto 2×3 dan 3×4 baik berwarna dan tidak. Jumlah masing ukuran adalah empat lembar. Untuk berjaga-jaga.
2. Fotokopi KTP Anda sebanyak 1 lembar. 
3. Datanglah ke sekolah Anda, ke ruang Tata Usaha. Anda bisa minta tolong untuk dibuatkan surat pengantar untuk dibawa ke kantor polisi. Jangan lupa untuk meminta nomor induk siswa milik Anda dan dicantumkan di Surat Pengantar. 
4. Datang ke kantor polisi bagian laporan kehilangan sesuai kecamatan tempat tinggal Anda. Mintalah surat kehilangan atas ijazah milik Anda. Siapkan biaya administrasi, karena ada polisi yang meminta dan ada yang tidak. 
5. Langkah selanjutnya, silakan kembali ke SMA, dan menyerahkan surat kehilangan dari kepolisian agar diproses. Waktunya tidak lama, kecuali kalau Anda angkatan tahun 90-an. Mereka akan memiliki tenaga ekstra untuk itu. Tenang, kalau pengalaman saya, tidak dimintai biaya administrasi seperti di kantor polisi, ada yang meminta ada yang tidak. Malah bisa jadi, Anda diminta pulang, dan surat pengganti ijazah diantar ke rumah.
6. Anda bawa surat dari SMA ke dinas pendidikan di Kota Anda untuk di beri surat pengganti. Terkadang pihak dari TU SMA berbaik hati mengurusnya sampai selesai dan meminta Anda menunggu barang sehari. Jadi keesokan harinya, akan diantar atau Anda mengambilnya di sekolah.
Surat pengganti ijazah tersebut tidak seperti ijazah Anda. Tepatnya hanya dalam bentuk selembar kertas biasa yang berisi keterangan yang memberitahu bahwa Anda adalah murid SMA tersebut. Cara ini berlaku selama sekolah Anda masih ada hingga sekarang dan tidak berganti nama. 
Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. 




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *