Inilah Cara Mudah Mendapatkan Penghasilan Tambahan Untuk Blogger


Beberapa waktu lalu saya mendapatkan info baru mengenai cara lain mendapatkan penghasilan. Untuk blogger tentunya. Hal ini kabar menggembirakan juga kan. Tak perlu menjelaskan soal bagaimana cara mendapatkan penghasilan dari blog, pasti kawan Ami di sini sudah fasih.
Pasti ada yang sudah dapat dari Adsense, atau sumber lainnya. Nah ini berbeda dari Adsense. Jadi
semacam widget gitu, yang bisa dipasang di sidebar blog. Ketika pengunjung blog membaca, dia bisa melihat widget tersebut. Apa sih ini? Affiliate gitu? Bisa juga di bilang begitu.
Mendapat penghasilan dari blog atau dikenal dengan monetisasi blog memang cukup menggiurkan ya teman. Saya sendiri jujur tak munafik butuh uang untuk anak-anak. Bisa bekerja dari rumah sudah sangat menyenangkan.

Monetisasi blog atau blog monetizing berdasar materi dari Carolina Ratri di acara #ngopibarengtiket di Hotel Harper Mangkubumi adalah berasal dari:
  1. Artikel sponsor. Biasanya kita mengenal dengan job review, content replacements, dan reports.
  2. Selling, seperti produk dan servis.
  3. Kemudian affiliate atau advertising. Saya yakin semua sudah tahu bahkan sudah dapat fee dari adsense, affiliates dan banner space.
Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan terlebih dahulu sebelum teman Ami berniat memonetisasi blognya. Lah kok ada syarat ya? Jadi begini. Sebelum kita memonetisasi blog, harus melakukan beberapa hal ini dulu ya. Ini berdasarkan yang saya tahu….
  1. Usahakan blog sudah banyak artikel. Minimal lima belas artikel. Kalau bisa sih, blog berumur 6 bulan. Kenapa sih? Agar mudah approvenya. Lho harus ada prosesnya? Iya dong. Brand juga tak mau sembarangan menerima blogger, karena kawatir tidak sesuai dengan konten yang diusung blog.
  2. Rutinlah menulis. Ga harus tiap hari. Semakin rutin setiap hari, malah bagus. Kalau tidak ya, gak masalah. Misal seminggu sekali. Tidak apa lho. Ada kok blogger yang memiliki niche bisnis, hanya update setiap Senin, tetap banjir pengunjung.
  3. Perjelas nichenya.
  4. Jangan mengandung unsur yang dilarang atau konten negatif, seperti narkotika, SARA, rokok, sex, dan sejenisnya.
  5. Tulis artikel yang bermanfaat, positif dan orisinil ya.
    Selain itu perhatikan pula Feature dari blog. Apa sih itu? Perhatikan lay out, domain, about me dan disclosure, kontak, sosial media dan lainnya. Kedua, Blog Performance, dengan memperhatikan DA, PA, Alexa Rank, dan Klout Score, dll.

Carolina Ratri menjelaskan juga mengenai Good Content. Menurutnya, perhatikan niche blog. Lifestyle juga tak masalah kok. Artikel sebaiknya detail dan actionable. Kemudian, artikel bersifat bisa dibaca kapan pun, meski sepuluh tahun yang akan datang masih relevan, fokus, menggunakan story telling atau berdasarkan tren.
Konten yang baik itu seperti apa sih? Tentu harus bisa bermanfaat dan memberikan solusi atas masalah yang dicari pembaca. Tulis seperti Anda sedang berbicara dengan pembaca. Pancing pembaca untuk merespon artikel. Artikel sebaiknya bisa memberikan ide baru atau pandangan yang baru akan sesuatu.
Nah agar bisa berhasil memonetisasi blog, sebaiknya kita harus aktif di media sosial lho. Oia setahu saya ada Klout untuk mengukur keaktifan dan seberapa jauh pengaruh kita di media sosial. Hayo siapa yang belum tahu? Segeralah cek Score Kloutnya ya. Karena ini bisa menjadi tambahan lho.
Selanjutnya, persiapkan ratecard dan media kit. Jangan lupa memiliki Google Analytics dari blog. Ini untuk mengetahui lebih jelas siapa pembaca dan masih banyak yang lainnya. Anda juga harus sering melakukan networking dan researching. Satu lagi, teman Ami, juga perlu melakukan maintenance secara rutin pada blog lho.

Sesi berikutnya, Nuniek juga membagi

pengalaman ngeblognya. Ternyata sudah selama 10 tahun lho. Awalnya hanya untuk curhat. Kemudian di tahun 2010, baru menyadari kalau ngeblog bisa dapat penghasilan. Bahkan dipercaya brand. Pesannya jangan pelit mereview. Inisitor startup lokal ini menceritakan pengalamannya dengan ekspresif.

Nah kembali ke affiliate yang tadi saya sudah singgung, nah Tiket.com –yang menurut Gaery Undara co-founder Tiket.com, kemarin baru saja membuka kantor perwakilan di Jogja, setelah Bali dan memiliki omzet luar biasa besar lho- menawarkan progamnya, Tiket.com Affiliate Partner. Jadi ini cara mudah dan cepat untuk memonetisasi traffic blog teman Ami. 
Tiket.com menyediakan widget yang siap pakai di blog. Khusus untuk teman Ami yang ingin memberikan tambahan travel content atau adds-on di blog. Untuk lebih lengkapnya, silakan klik disini (https://www.tiket.com/affiliate )
Cara gabungnya sangat mudah lho, tinggal isi formulir pendaftaran. Pastikan diisi semua ya, kolomnya. Jangan lupa isi kolom tanpa terkecuali ya…..
Oia, ada satu lagi nih, buat teman Ami yang suka jalan-jalan alias travelling. Bepergian ke tempat baru, menjelajah Indonesia bahkan dunia. Ah senangnya. Tapi sebelum berangkat, pasti ada yang selalu wajib dipikirkan terlebih dahulu kan? Gimana caranya bisa berangkat. Iya ga sih? Perlu mikirin dana buat beli tiket, entah itu pesawat atau kereta api. Harganya juga lumayan juga lho. Terkadang bisa menguras kantong. Bener apa bener?
Nah saya punya bocoran yang bikin seneng dan ga akan menguras kantong. Dalam rangka ulang tahunnya yang kelima (udah lama kan?), 12 Agustus 2016 kemarin, bagi-bagi hadiah diskonan. Istilahnya traktiran ultah tiket.com.

Ada empat diskon menggiurkan di sana, seperti.
1. Diskon kereta api tanpa minimum transaksi semua rute Rp 20.000,00 periode 01-31 Agustus 2016.
2. Tiket Pesawat Murah juga ada lho. Diskon seluruh maskapai Rp 200.000,00 periode 11-20 Agustus 2016
3. Diskon Top Hotel tanpa minimum transaksi Rp 100.000,00 periode 3-31 Agustus 2016, dan
4. Tukar Tix Point bisa dapat hadiah 10 Keping Logam Mulia untuk penukar tertinggi seberat 2 gram Gins Gold. Waahhhh

Gimana, ngiler kan? Buruan ke Tiket.com ya. Saran saya, teman Ami harus wajib hukumnya untuk Download aplikasi di 200266#. Biar Anda bisa lebih mudah dan praktis mengakses. Atau bisa download di Android dan IOS lho. Saya sudah downlad, kalau Anda?
(Visited 11 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *