Berjuang dengan Blog?

Berjuang dengan blog- Sebagai seorang blogger, uhuk, tentu saya merasa sudah tidak layak menyandang itu. Tentu saja, mengingat blog ini yang sudah lama tidak saya update. Meski begitu, blog ini masih aman karena memiliki banyak artikel yang bersifat longlasting. Jadi akan ada terus pengunjungnya.

Mungkin bagi para blogger sudah memahami apa maksud dari konten yang longlasting. Alias bersifat abadi. Iya, abadi dalam artian, konten tersebut akan bisa dinikmati pembaca sampai kapan pun. Mau dibuka tahun 2020 atau 3220 masih relevan.

Konten juga bisa membuat blogger tersebut akan menjadi abadi dan selalu dikenang melalui tulisannya. Meski mungkin pemilik blog telah tiada.

Nah untuk menjadi blog yang bisa terus ada, butuh perjuangan. Bukan yang bersifat ujug-ujug. Ini biasa dialami oleh mereka yang merasa, alah gampang ngeblog ini.

Mereka ini yang pernah bilang begitu, ketika sudah jalan, akan megap-megap dan menyadari, oh ternyata rumit juga ya ngeblog itu?

Menjadi seorang blogger butuh sebuah perjalanan panjang sampai kepada sebuah pengakuan. Bagi yang baru beberapa bulan lantas mendapatkan apa yang diinginkan, tentu juga tak serta merta sekali karena posting sekali saja kan? Pasti melalui banyak tahapan. Tetap ada proses di sana. Masih ada kerja keras di sana. Meski mungkin tidak sebesar mereka yang sudah mengawalinya lebih lama. Hanya saja jangan itu menjadikan diri jumawa. Ingat di atas langit masih ada langit.

Begitu pula dengan mereka yang ingin menjadi blogger karena temannya sukses. Ibarat orang yang melihat rumput tetangga lebih hijau. Blogger pun demikian. Kayanya enak ya jadi blogger. Tinggal nulis aja. Tinggal nulis saja? Hei, ini prosesnya panjang lho, sebelum sampai ke pembaca. Sebelum tulisan mulai tayang. Ada kerja keras yang mungkin tak terlihat oleh orang lain. Berjuang bagaimana sebuah konten bisa layak tayang dan membuat pembacanya mendapatkan manfaat. Setelah itu barulah tersenyum dan bila mungkin tertawa bahagia.

Ya, ngeblog adalah bicara tentang berjuang.

Berjuang terhadap sesuatu yang dianggap orang tidak berfaedah dan membuang waktu. Tapi bagi saya dan para blogger lainnya. Ngeblog ada jendela yang membuat orang lain mengenali saya. Sebuah eksistensi saya agar bisa bermanfaat. Karena sadar diri bukan orang yang kaya raya. Yang bisa berbagi dan mencoba bisa bermanfaat melalui blog. Bisa lebih menyasar ke lebih banyak orang melalui tulisan blog ini. Tentu saja, pembaca bisa dari luar negeri adalah sebuah kebahagiaan tersendiri.

Jujur saya memang sangat berjuang ketika mengisi konten di blog pribadi. Mengingat pekerjaan saya sebagai seorang founder penyedia jasa konten blog dan instagram. Memang sebuah tantangan tersendiri bagi saya. Tetapi saya harus tetap menulis agar waras. Agar ada yang tersalurkan dan tak menghilang begitu saja.

Ngeblog itu perlu. Membuat konten jangan hanya di Instagram saja tetapi juga melalui blog agar personal branding saya bisa terbangun dengan baik. Agar orang juga makin percaya dengan saya. Bahwa saya memang benar ada dan real.

Oia, dalam waktu dekat ini saya akan segera melaunching beberapa ebook yang semoga bisa bermanfat. Mengadakan kelas online kembali. Kemudian bisa membuat banyak program yang menarik.

Alhamdulillah saya terbilang bahagia karena klien berasal dari dalam dan luar negeri. Bisa mendapatkan penghargaan dan pengakuan dari beberapa lembaga yang tidak ecek-ecek. Ini lebih dari sebuah kado yang terindah dari Allah SWT.

Saya bersyukur Allah memberikan ujian yang menempa mental dan meneguhkan hati saya dalam meraih mimpi. Sehingga saya bisa mulai menapaki kembali apa yang menurut Allah sangat layak untuk saya miliki. Saya seperti sudah diberikan kemudahan jalan. Bahwa inilah jalan yang saya tempuh. Dan inilah pekerjaan yang sesuai dengan passion saya,

 

Semoga teman yang merasa struggling atau berjuang dengan kontennya tetap semangat. Segala sesuatunya akan berbuah dengan manis di saat yang tepat. Mungkin saya lebih banyak menghabiskan waktu untuk mengerjakan konten para klien. Saya sendiri juga berjuang untuk bisa selalu update untuk konten di blog dan media sosial milik sendiri.

Semoga artikel ini bermanfaat ya.

 

(Visited 13 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *