6 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membuat Blog atau Website




6 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membuat Blog atau Website

6 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membuat Blog atau Website

6 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membuat Blog atau Website
Blog dan Toko Online semakin bertebaran ya? Saat kita ditanya apa profesi atau kegiatannya, lalu menjawab blogger. Sebagian sudah mengerti. Minimal tidak terlalu sering menjelaskan cara kerjanya. Sudah senang sekali. Haha.
Malah kebanyakan malah minta diajarin dan tanya bagaimana sih ngeblog itu. Beberapa meminta saya mengajarinya langsung dan mengirimkan transfer. Katanya untuk biaya lelah.

Walah, terima kasih ya. Singkat kata, blogger bisa jadi sebuah profesi. Rejekinya darimana saja. Tidak hanya dari blog itu sendiri.

Lain kali saya akan cerita soal itu. Kita sekarang bicara tentang apa saja yang perlu Anda perhatikan saat membuat blog atau website yuk!

6 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membuat Blog atau Website

6 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membuat Blog atau Website

Blog atau website merupakan tempat untuk menulis artikel. Sayangnya meski katanya kita harus menulis artikel yang bermanfaat, namun ada hal lain yang harus dilakukan. Demi memanjakan pembaca.
Desain Blog atau Website
Sebaiknya buatlah blog yang sederhana. Memudahkan pembaca atau pengunjung mengaksesnya. Anda pernah melihat wikihow? Blog itu sangat sederhana tampilannya, tapi banyak pengunjung.
Memang desain yang menarik akan membuat pengunjung betah. Sayangnya itu bukan yang utama. Selama konten Anda bagus. Desain minimalis malah jauh lebih bagus. Orang akan lebih fokus ke konten Anda.
Jujur desain yang terlalu indah malah membuat fokus orang teralihkan. Saya malah mikir beli di mana desainnya. Ya tetap membaca sih, hanya fokusnya kedistract. Ah sayang banget kan?
Anda bisa memesan desain blog tetapi usahakan yang sangat sederhana saja.
Logo
Nah ini. Logo itu ibarat sebuah identitas. Berdasarkan pengalaman, ketika orang mengenal logo kita identik dengan apa. Suatu waktu ada yang membuat sesuatu yang mirip, mereka justru ingat Anda.
Sebaiknya pesan kepada orang yang ahli di bidangnya. Anda bisa tanya saya siapa yang memiliki keahlian mendesain. Menciptakan sesuatu, bukan membuat logo asal tempel.
Kenapa sih seorang blogger atau website apa saja membutuhkan logo, karena kembali lagi, sebagai perwakilan identitas Anda. Tampilkan dalam sebuah logo.
Orang bisa menyimpulkan blog Anda tentang apa bisa dari logo tersebut.
Pemilihan Warna
Warna sangat berpengaruh dalam web atau blog. Saran saya lebih baik memilih warna putih saja, sebagai latar belakang. Anda bisa mengkombinasikan dengan warna hitam. Kadang kalau Anda bisa tepat memadupadankan, bisa menghasilkan sesuatu yang terlihat exclusive. Mewah.
Kalau misal ingin memakai warna selain putih, coba bermain warna. Caranya dengan menempelkan warna yang Anda suka dengan warna lainnya. Mana yang paling cocok disandingkan. Baru deh eksekusi.

Tiga yang paling penting adalah:

Pemilihan Huruf
Sebaiknya ketika Anda menulis konten, pilihlah ukuran dan huruf yang mudah dibaca. Standarnya ukuran huruf yang dipakai adalah 12. Huruf Times New Roman, Calibri dan Verdana adalah paling ideal.
Format Penulisan
Berikan jarak antar baris 1,5 saja. Sudah ideal. Pembaca juga tidak akan kesulitan dalam membaca artikel Anda.
Kemudian tulis maksimal 20 kata dalam satu paragraf. Alasannya masih sama, biar pengunjung tidak mudah lelah dan mudah menangkap kalimat Anda. Saya sendiri kalau tulisan dalam satu paragraf lebih dari 40 kata, sudah malas melanjutkan.
Selain itu buat satu paragraf maksimal tiga sampai empat baris. Biar lebih mudah dibaca.
Navigasi yang Ramah Pengunjung
Ada satu hal yang berdasarkan pengalaman dan cerita kawan, kalau pengunjung rata-rata hanya membaca satu atau dua artikel blog Anda.
Navigasi itu yang letaknya berada di paling atas blog dan di bawah logo atau banner. Ketika Anda datang ke sebuah blog dari sebuah tautan. Selesai membaca lalu melihat bagian atas ada laman yang menarik, pasti akan Anda klik.
Hanya saja biasanya pembaca hanya berkunjung maksimal 3 laman saja. Jadi pilih yang paling menarik di blog. Atau yang paling banyak dikunjungi. Maksimal 3 saja. Kalau lima? Masih boleh.
Jangan lupa pasang linkwithin untuk Blogspot dan kaitan postingan satu dengan yang lain di WordPress ya. Agar mereka juga tak hanya berkunjung pada satu artikel. Kalau menarik juga akan klik lainnya. Usahakan judul artikel dan gambar, menarik. Pastikan isi artikel berhubungan. Itu yang terpenting.
Selamat mencoba ya.
Kalau bermanfaat silakan share.




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *