5 Cara Terampuh Menyembuhkan Luka

image

Tak ada luka yang benar-benar sembuh, hilang, atau terlupa. Luka itu akan kembali lagi, terus menerus, seperti menghantuimu sewaktu-waktu. Bisa jadi, kamu telah melupakan sebuah atau beberapa luka, tapi itu akan kembali padamu, sewaktu-waktu. Kapan pun luka itu mau.

Artikel ini hanya bisa membantumu seperlunya, agar kamu bisa merasa baik-baik saja, meski luka sudah membuat hati dan harga dirimu terhempas.

1. Sendiri dalam diam, terkadang dilakukan, saat kata tak lagi bermakna. Kamu hanya ingin menikmati kepedihanmu, tanpa diketahui orang lain. Setelah tangis mengering, segera keluar dan nikmati hidupmu

2. Tulis kepedihanmu dalam kertas atau blog. Tulis secantik mungkin. Terkadang tanpa kita sadari, kepedihanmu pun punya nilai seni tertinggi, dan membuatmu merasa lega. Kamu bisa membuangnya, bisa menyimpannya, dan kelak, kamu akan tahu, ternyata sepedih apa pun luka yang kamu dera, kamu masih baik-baik saja dan terus menjalani hidupmu dengan baik

3. Sibukkan diri sendiri, bila kamu tak juga berhenti mengingat luka. Kamu bisa melakukan aktivitas yang disukai. Apapun. Jangan lupa bersenandung dengan riang.

4. Bercanda dengan temanmu atau anakmu. Biasanya bercanda dengan seseorang itu melegakan hati. Menyisihkan luka dengan perlahan. Melihat yang kamu sayang membuatmu tersenyum, adalah harta yang tak bisa terbeli. Perasaan beryukur juga akan menghampiri dan menyadarkanmu, bahwa luka yang kamu punya tak sepadan dengan apa yang kamu miliki sekarang

5. Bepergian dan cari alasan kenapa kamu masih beruntung dibanding luka yang ditanggumg orang lain. Bukan. Bukan berarti kamu bahagia diatas kepedihan orang lain. Kamu hanya harus cepat membuang luka dengan mengingat, kamu masih beruntung daripada orang lain.

6. Berceritalah dengan orang yang kamu percaya. Saranku, cerita dengan Tuhanmu, Dia Maha Mengerti apa kegelisahanmu. Aku yakin, Dia akan mengirimkan beberapa utusan-Nya dalam bentuk manusia, bisa temanmu, sahabatmu, orang yang diam-diam telah kau bahagiakan.

7. Lakukan apa yang kamu sukai. Bisa dengan membaca buku, mendengar musik, memasak, atau berkebun. Apa pun yang kamu sukai. Melakukan apa yang menjadi hobimu sering bermanfaat memghapus sedihmu.

7 Cara Terampuh Menyembuhkan Luka bisa saja berlaku untukmu, kalau kamu lakukan semua caranya. Tapi ingat, luka akan selalu datang sewaktu-waktu, entah luka yang sudah tertancap perih sejak lama, juga luka yang sedang bersiap menghampirimu. Kamu hanya perlu bertahan dan melakukan tujuh cara itu. Cara itu tak saklek, kamu bisa menambahkan caramu sendiri.

Kalau artikel ini bermanfaat, boleh kamu sebarkan, siapa tahu, banyak orang yang memiliki luka, dan tak tahu bagaimana caranya membuat luka menyingkir.

(Visited 3 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *